PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Asih, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12526/1/PENERAPAN%20METODE%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20TIPE%20LEARNING%20STARTS%20WITH%20A%20QUESTION%20%28LSQ%29%20TERHADAP%20KEMAMPUAN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12526/ http://fkip.untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga dibutuhkan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satunya adalah Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With a Question (LSQ). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Madinatul Hadid Kota Cilegon semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 9 kelas, sampelnya yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol non-ekuivalen.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket.Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak didapatkan thitung=2,614 > ttabel=1,670 menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode LSQ lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak didapatkan thitung=2,362 > ttabel=1,670 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode LSQ lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Hasil penelitian menggunakan angket menunjukkan siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode LSQ.