PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Main Author: | Kusnandar, Hardi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12515/1/PENGGUNAAN%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20DENGAN%20METODE%20ROTATING%20TR.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12515/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan baik adalah metode Rotating Trio Exchange (RTE). Pada metode ini siswa di bagi ke dalam 3 kelompok dan melingkar. Tiap kelompok diberikan soal komunikasi matematis untuk dikerjakan. Setelah itu kelompok di rotasi. Setelah itu, siswa diberi soal kembali untuk didiskusikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol group non ekuivalen, ditentukan populasi targetnya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramatwatu tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.