PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Ciruas 3 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang

Main Author: Wida Rumi, Isti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12509/1/PENGGUNAAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20SNOWBALL%20THROWING%20%20DALAM%20%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJA.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/12509/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran IPS di SD umumnya berpusat pada guru dengan penggunaan metode yang tidak bervariatif. Keaadan tersebut menyebabkan siswa tidak berpartisipasi aktif, melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan pembelajaran dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ciruas 3 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I di pertemuan pertama yaitu 43% dan pertemuan kedua 63% . Pada siklus II di pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan yaitu mencapai 88% dan 100%. Dengan demikian aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran semakin meningkat. Sedangkan (2) hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 68,44 pada siklus I, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,11. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.