PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjarmasin II Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang- Banten

Main Author: Zulia Wike, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12508/1/PENGGUNAAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20%20TIPE%20TEAMS%20GAMES%20TOURNAMENT%20TGT%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12508/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan memenuhi pencapaian persentase Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2013 di SDN Banjarmasin II Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 48 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen berupa soal tes pilihan ganda, lembar observasi guru dan siswa serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata- rata pada siklus I yaitu 61,87 dan pada siklus II yaitu 70,83. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan maksimal yaitu 62,5% dan sedangkan siklus II siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan maksimal yaitu 81,25%. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.