PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sirih Lor Kecamatan Anyer Kabupaten Serang)
Main Author: | Destiviani, Euis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12507/1/PENGGUNAAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CONCEPT%20SENTENCE%20SEBAGAI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12507/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur pelaksanaan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan(Acting), (3) Observasi (observing,) (4) Refleksi (Reflecting). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar soal tes, lembar aktivitas siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi untuk mengukur Hasil Belajar Siswa. Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence pada mata pelajaran IPS di kelass IV SD Negeri Sirih Lor dapat meningkatkan ativitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (69%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 21% pada siklus II menjadi (90%) dengan kategori “Sangat Baik”. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai (48,2%) meningkat sebesar 37,8 pada siklus II menjadi (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Concept Sentence dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.