PENGGUNAAN MODEL ARIAS PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Nilai-nilai Perjuangan dalam Perumusan Pancasila Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panancangan 1 Kota Serang)
Main Author: | Sofia Wardah, Annisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12503/1/PENGGUNAAN%20MODEL%20ARIAS%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PKn%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12503/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Panancangan 1 pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS sehingga mencapai minimal 90 % untuk keaktifan peserta didik dan 65 sesuai dengan nilai KKM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, setiap siklusnya mengadakan dua pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengggunakan instrument tes, instrument observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Melalui diterapkannya model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Interest) menunjukan aktivitas dan hasil belajar meningkat. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar peserta didik 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 98%. Hal sama dengan hasil belajar siswa yang mencapai tuntas 79,3% pada siklus I, meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Sehingga simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panancangan 1