"PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KEBONDALEM Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kebondalem Kecamatan Purwakarta Cilegon – Banten"
Main Author: | Luciani P., Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12499/1/Penggunaan%20Metode%20Role%20Playing%20dalam%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20pada%20Pembelajaran%20IPS%20ke.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12499/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kebondalem dengan menerapkan metode bermain peran atau Role Playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas kelas IV sebanyak 26 orang. Objek penelitiannya adalah metode pembelajaran Role Playing. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan juga lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 66,6%. Pada siklus II ada peningkatan sebanyak 30% yaitu diperoleh sebanyak 96,6%. hasil belajar siswa pada prasiklus dengan rata-rata 59. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing mengalami peningkatan rata – rata menjadi 66,9. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat menjadi 90 dengan rata-rata nilai 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.