PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME )DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa di Salah Satu Sekolah di Kota Serang Tahun Ajaran 2014-2015)
Main Author: | Damayanti, Yeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12467/1/PENERAPAN%20PENDEKATAN%20PEMBELAJARAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20%28RME%29DENGAN%20PENDEKATAN%20SCIENTIF.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12467/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematik siswa dalam materi segiempat dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kramatwatu. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak tujuh soal yang sesuai indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) peningkatan dengan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.