PENERAPAN METODE CLASS WIDE PEER TUTORING (CWPT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMPN 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014)
Main Author: | Sari, Ruswita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12464/1/PENERAPAN%20METODE%20CLASS%20WIDE%20PEER%20TUTORING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20KOMUNIKASI%20MATEMATIS%20SISWA%20SMP%20%28isi%29.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12464/ http://fkip.untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis penting untuk dimiliki siswa karena dapat meningkatkan kemampuan matematis lainnya. Oleh karena itu, maka diterapkanlah Metode Class-Wide Peer Tutoring (CWPT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandung semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 4 kelas, dengan 2 kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol tidak ekivalen. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran metode CWPT lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran metode CWPT lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional (3) Hasil penilaian sikap siswa, menunjukkan sikap yang kuat terhadap keseluruhan aspek pembelajaran matematika dengan metode CWPT