PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen Untuk Kelas X SMA)
Main Author: | JAKIA RAJAK, DENDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12448/1/Penerapan%20Pendekatan%20Investigasi%20dengan%20Strategi%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Think%20Pair%20Share%20u2.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12448/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMA, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satunya ialah pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajarn kooperatif tipe think pair share (tps). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kragilan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari enam kelas yang ada, yakni kelas X-3 sebagai kelas ekperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional