PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 1 Waringinkurung Tahun Pelajaran 2014/2015)
Main Author: | FAUZIAH, NASIROTUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12435/1/Penerapan%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Investigasi%20Kelompok%20dengan%20Pendekatan%20Scientific%20untuk%20Meningkatkan%20Kemampuan%20Kom~1.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12435/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai diberlakukannya kurikulum 2013 dan rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa saat ini. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific apabila dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa dan sikap siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Waringinkurung tahun ajaran 2014/2015, dengan kelas VIII B dan VIII E sebagai sampel penelitiannya. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan instrumen nontes berupa angket sikap siswa. Dari hasil uji-t satu pihak, disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Dari uji Mann-Whitney diperoleh hasil yaitu peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Sikap siswa setelah mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific dikategorikan positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.