PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kronjo)

Main Author: NULIYANI AHLABIYAH, MILLAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12410/1/PENERAPAN%20MDEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20ROTATING%20TRIO%20EXCHANGE%20%28RTE%29%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20KOMUNIKASI%20MATEMAT~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12410/
http://fkip.untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan baik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, (2) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, (3) Bagaimana aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen pada pokok bahasan segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kronjo tahun ajaran 2013/2014 dan mengambil dua kelas sebagai sampel dari jumlah kelas VII yang ada. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran RTE lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran RTE lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) Aktivitas siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dari presentase yang diamati yaitu 92,9% dengan interpretasi sangat tinggi.