PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MTS (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu MTs Negeri di Kota Serang)

Main Author: Farda Ferdyanti, Nadya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12404/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20REFLEKTIF%20DENGAN%20PENDEKATAN%20SAINTIFIK%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMEMPUAN%20B.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/12404/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan pentingnya kemandirian belajar pada siswa MTs. Hasil wawancara yang dilakukan di salah satu MTs Negeri di Kota Serang menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang masih rendah dan kemandirian belajar yang masih dianggap tidak penting. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu MTs Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2014/2015 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.