PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Salah Satu SMP Negeri Kabupaten Pandeglang)
Main Author: | RACHMAWATI, ERFA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12403/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROJECT%20BASED%20LEARNING%20%28PJBL%29%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20P.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12403/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dikarenakan minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan siswa terbiasa bergantung pada penjelasan guru tanpa mau melakukan kegiatan matematika untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa adalah Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun hasil penelitian yang diperoleh setelah diimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning, untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol secara signifikan dalam kategori sedang, sedangkan untuk hasil tes skala akhir kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dalam kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setelah diimplementasikan pembelajaran dengan model Project Based Learning pada siswa kelas eksperimen kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa lebih baik daripada kelas kontrol