PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Di SMP Negeri 1 Menes)

Main Author: SETIAWATI, TIYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12388/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20MEANS%20ENDS%20ANALYSIS%20%28MEA%29%20MENGGUNAKAN%20METODE%20GROUP%20INVESTIGATION%20%28GI%29%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12388/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematisnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran MEA menggunakan metode GI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran MEA mengunakan metode GI. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Menes yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yang telah dipilih secara acak, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan VIII J sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran MEA mengunakan metode GI. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka model pembelajaran MEA mengunakan metode GI dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di kelas.