PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP (Studi Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kota Serang)
Main Author: | Darfiti, Reisya M |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12384/1/PENGEMBANGAN%20BAHAN%20AJAR%20BERBASIS%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL%20PADA%20POKOK%20BAHASAN%20BANGUN%20RUANG%20SISI%20DATAR%20UNTUK%20SISWA%20SMP.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12384/ https://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sekitar siswa. Dengan adanya kemampuan tersebut siswa diharapkan tidak hanya terampil dalam menghitung dan menyelesaikan soal saja, tapi juga dapat menyelesaikan pemecahan masalah sehari-hari yang akan dihadapinya kelak. Salah satu hal yang dapat membantu siswa untuk menumbuhkan kemampuan tersebut adalah dengan menggunakan bahan ajar sebagai salah satu media pembelajaran yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran dengan berbasiskan kepada pendekatan kontekstual. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk (1) Membuat bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP; dan (2) Mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar cetak yang telah dibuat dan dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Kota Serang pada sepuluh orang siswa kelas VIII untuk tahun ajaran 2014-2015. Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual yang dilakukan melalui tujuh tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Mengumpulkan informasi; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; dan (7) Revisi produk. Siswa yang telah belajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual kemudian diberikan angket penilaian terhadap bahan ajar untuk mengukur tingkat kelayakan dari bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan mendapatkan hasil yang baik dan siswa pun memberikan respon positif terhadap bahan ajar tersebut. Berdasarkan hal ini maka bahan ajar yang telah dikembangkan pun layak untuk digunakan dalam membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran.