PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen di MTs.Islamiyah Kubangkarees)

Main Author: FIRMANSYAH, DENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12371/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20TWO%20STAY%20-%20TWO%20STRAY%20%28TSTS%29%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMA2.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/12371/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah Kemampuan komunikasi matematis diperlukan dalam pembelajaran matematika karena matematika bukan sekedar alat bantu untuk menemukan pola, menyelesaikan masalah atau mengambil kesimpulan, tetapi matematika merupakan alat untuk mengkomunikasikan ide. Menurut hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MTs.Islamiyah Kubangkarees model pembelajaran yang digunakan hanya kooperatif saja yaitu siswa hanya belajar secara kelompok dan mengerjakan soal sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa tidak terlihat. upaya untuk mengatasi persoalan di atas adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.Islamiyah kubangkarees tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel diambil dua kelas yang terpilih sebagai kelas ekperimen menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran kooperatif. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat model two stray two stay dibanding yang mendapat pembelajaran kooperatif. Sehingga model Two Stay Two Stary bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs.Islamiyah kubangkarees.