PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Cipanas)
Main Author: | Fitriana, Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12358/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20DENGA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12358/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa dan keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar siswa, salah satunya adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Group Investigation (GI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan kedua keaktifan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama, kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation tidak lebih baik dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan kedua keaktifan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation lebih baik dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional.