PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen)
Main Author: | FERDIAN RAMADHAN, M. RISKI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12318/1/PENERAPAN%20MODEL%20DISCOVERY%20LEARNING%20DENGAN%20PENDEKATAN%20THINK%20PAIR%20SHARE%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMAHAM2.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12318/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific, serta peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari delapan kelas yang ada, yang terpilih sebagai kelas ekperimen dan kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar. Setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis statistik parametrik dan non parametrik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (3) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan (4) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific.