PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas VII di Salah Satu SMP di Kabupaten Serang)

Main Author: SONIA SETYAWARNI, RESTU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12311/1/PENERAPAN%20MODEL%20DISCOVERY%20LEARNING%20DENGAN%20METODE%20KOOPERATIF%20TIPE%20NHT%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12311/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk dapat mengaplikasikan prosedur, konsep, maupun proses dalam pembelajaran matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, kemandiriaan belajar juga sangat penting, karena kemandirian belajar merupakan sikap pribadi yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Dalam pembelajaran matematika siswa harus dilibatkan penuh secara aktif dalam proses belajarnya. Salah satu solusi meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar adalah menggunakan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT terhadap pencapaian akhir dan peningkatan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Serang tahun ajaran 2014/2015 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel pada penelitian ini dipilih secara cluster random sampling dengan memilih dua kelas. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan biasa.