Peranan Humas PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara (Studi Kasus Pemadaman Penerangan Jalan Umum (PJU) Desember 2009)

Main Authors: Annisarizki, Annisarizki, Kania, Rd. Nia, Setyorini, Deviani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/123/1/SKRIPSI%20Komunikasi%20ANNISARIZKI%20PERANAN%20HUMAS%20PT.%20PLN%20%28Persero%29.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/123/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ANNISARIZKI. NIM. 062466. SKRIPSI. PERANAN HUMAS PT. PLN (PERSERO) APJ BANTEN UTARA. PT. Perusahaan Listrik Negara dalam menjalankan salah satu fungsinya memberikan fasilitas penerangan jalan umum (PJU) yang manfaatnya dirasakan oleh publik. Sebagai pemberi fasilitas terhadap publik, apabila terjadi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat, maka PT. PLN (persero) APJ Banten Utara akan mendapatkan feed-back negatif. Seperti dalam kasus pemadaman PJU Kota Serang yang dipadamkan sementara oleh PT. PLN (persero) APJ Banten Utara. Peranan Humas adalah sebagai ujung tombak perusahaan, karena itu, apabila terjadi masalah yang berhadapan dengan publik, baik publik yang bersentuhan langsung maupun yang tidak dengan kepentingankepentingan harus menjadi perhatian terhadap masalah-masalah perusahaan. Skripsi ini meneliti Bagaimana Peranan Humas PT. PLN (persero) APJ Banten Utara dalam pemadaman Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Serang. Peranan humas dalam PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara sebagai fungsi, strategi yang melakukan komunikasi guna menciptakan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul perubahan yang berdampak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai dasar analisis peneliti menggunakan konsep peranan humas dari Dozier dan Glen M. Broom. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu secara meyeluruh yang dalam penelitian ini digunakan Key Informan. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang. Setelah melalui proses penelitian, maka diperoleh hasil penelitiannya, yaitu: bahwa peran humas sebagai communication facilitator, communication technician, problem solving process facilitator dalam perusahaan merupakan salah satu kunci penting untuk pemahaman fungsi humas dan komunikasi terhadap publik dan perusahaannya. Humas melakukan peranannya untuk memberikan informasi yang lengkap tentang segala kegiatan yang dilakukan perusahaan kepada publik yang terkait dengannya, peranan humas semata untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai alasan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara melakukan pemadaman Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Serang.yang terjadi pada bulan Desember 2009.