PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STAD (Student Teams Achievemen Division) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cilegon)
Main Author: | POPPY TAHATI, ANGGY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12173/1/PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20STAD%20%28STUDENT%20TEAMS%20ACHIEVEMEN%20DIVISION%29%20DENGAN%20PENDEKA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12173/ http://fkip.untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang pendidikan menengah menurut Standar Isi pada Kurikulum 2013. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan pembelajaran model STAD (Student Teams Achievemen Division) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model STAD dengan pendekatan saintifik dan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik, (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model STAD dengan pendekatan saintifik dan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan peningkatan kemandirian belajar siswa lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik.