KEGIATAN PERSONAL SELLING DISTRIBUTOR MULTI-LEVEL MARKETING (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distributor Herbalife di Tangerang)
Main Authors: | Nuraini, Nafisa, Nurprapti, Nurprapti, Septa, Ronny Yudhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1215/1/Skripsi_Nafisa%20Nuraini_6662141197%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1215/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Nafisa Nuraini. NIM. 6662141197. Kegiatan Personal Selling Distributor Multilevel Marketing (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distributor Herbalife di Tangerang. Pembimbing 1: Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti., M.Si dan Pembimbing 2: Ronny Yudhi Septa Priana., M.Si. Herbalife adalah perusahaan MLM dengan menjual produk nutrisi untuk membantu dalam mencapai berat badan ideal konsumennya. Dalam perusahaan MLM, penjualan produk dilakukan oleh distributor dengan cara menjual langsung ke konsumen. Sebelum melakukan penjualan, distributor Herbalife terlebih dahulu membuat analisis, membuat perencanaan dan langkah-langkah kegiatan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi key factor analysis dari distributor Herbalife, dan persiapan dan perancaan serta pelaksanaan kegiatan personal selling yang dilakukan oleh distributor Herbalife. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, observasi, studi dokumen dan kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan. Tempat penelitian ini dilaksanakan yaitu di rumah distributor Herbalife, dan rumah sehat/nutrition club (nc) distributor Herbalife. Data primer didapat dari melakukan observasi dan wawancara. Sementara data sekunder didapatkan melalui kajian pustaka yaitu buku – buku, literatur serta situs – situs internet yang memiliki relevansi kuat dengan objek penelitian.Hasil dari penelitian ini, key factor analysis distributor Herbalife terdiri analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threats) dan analisis STP (segmentation, targeting, positioning), sedangkan tahap persiapan dan perencanaan personal selling yang digunakan oleh distributor Herbalife terdiri dari mencari pelanggan melalui broker/perantara dan menghubungi pelanggan lama, membawa sales kit dan catalog, mempersiapkan produk untuk tester, lalu strategi pendekatan individual yang sesuai dengan konsep AIDA. Selain itu, pelaksanaan kegiatan personal selling yang dilakukan oleh distributor Herbalife terdiri dari tujuh langkah yaitu memilih dan menilai prospek, prapendekatan, pendekatan, presentasi dan demo, menangani keberatan, menutup penjualan dan tindak lanjut. Kata kunci: distributor Herbalife, kegiatan personal selling, multilevel marketing