DESTINATION BRANDING GUNUNG PINANG SEBAGAI TUJUAN WISATA DI KABUPATEN SERANG

Main Authors: Farhanas, Suciati, Nurprapti, Nurprapti, Restu, Uliviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1208/1/SKRIPSI%20-%20SUCIATI%20FARHANAS%206662140222%20-%20PDF%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1208/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Suciati Farhanas, NIM 6662140222, Skripsi, Destination Branding Gunung Pinang sebagai tujuan Wisata di Kabupaten Serang, Pembimbing I : Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si dan Pembimbing II : Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom Wisata Gunung Pinang merupakan salah satu wisata baru yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banten. Wisata Gunung Pinang awalnya merupakan konservasi alam, namun saat ini wisata Gunung Pinang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Serang. Dalam kegiatan komunikasi pemasaran pariwisata pada produk wisata ini, pengelola wisata Gunung Pinang mengimplementasikan tahapan destination branding sebagai strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi destination branding pada wisata Gunung Pinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori difusi inovasi dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep destination branding oleh Morgan & Pritchard. Hasil penelitian ini adalah pengelola mengimplementasikan teori difusi inovasi dan tahapan destination branding dalam pengelolaan wisata gunung pinang melalui lima tahapan yakni mulai dari market investigation, analysis and srategic recommendation, brand identity development, brand launch and introduction: communicating the vision, brand implementation dan monitoring evaluation and review yang dapat dikatakan berhasil ditandai dengan meningkatnya jumlah pengunjung wisata Gunung Pinang serta meningkatnya kualitas wisata Gunung Pinang sebagai tujuan wisata di Kabupaten Serang. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Pariwisata, wisata Gunung Pinang, Destination Branding.