PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KONVERGENSI PADA RADIO DI KOTA SERANG BANTEN (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Pada Radio Xchannel 103.2 FM di Kota Serang Banten)

Main Authors: ANGGRAINI, NOVITA DEWI SUCI, Sihabudin, Ahmad, Septa, Ronny Yudhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1207/1/SKRIPSI%20LENGKAPP%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1207/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Novita Dewi Suci Anggraini. 6662140291. SKRIPSI. Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Konvergensi Pada Radio Di Kota Serang Banten (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Pada Radio Xchannel 103.2 FM Di Kota Serang Banten). Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa P, M.Si Radio merupakan salah satu media yang harus bertahan di era digital. Untuk dapat bertahan di dunia media, radio Xchannel 103,2 FM melakukan konvergensi. Konvergensi media dilakukan oleh Xchannel yaitu dengan cara menggunakan media digital atau media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial sebagai strategi konvergensi pada radio di Kota Serang Banten khususnya Xchannel. Penelitian ini dilakukan di Serang selama 2 (dua) bulan yang dimulai pada 17 Juni 2018 sampai dengan 15 Agustus 2018. Peneliti menggunakan teori Niche (ekologi media) untuk menjabarkan 3 sumber utama penunjang hidup media, yakni capital, types of content, dan types of audiences. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, pengumpulan dokumen serta wawacara dengan divisi media sosial dan marketing radio Xchannel. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada semua informan menunjukan bahwa radio Xchannel berkonvergensi dengan menggunakan media sosial dan merupakan media radio yang cukup aktif dalam menggunakan media sosial. Beberapa akun media sosial milik Xchannel dirancang kreatif dan inovatif, hal tersebut dilakukan selain untuk mempertahankan pendengar setianya namun juga dipercaya dapat memperluas jaringan pendengar dengan mendapatkan penggemar baru, serta memperoleh pemasukan iklan yang lebih tinggi. Kata kunci: Radio, Konvergensi Media, Eksistensi Radio, Media sosial, Jejaring Sosial, Strategi Radio