STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH IKLAN DI KORAN RADAR BANTEN

Main Authors: Handiani, Ida, Burhanudin, Burhanudin, Septa, Ronny Yudhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1204/1/Ida%20Handiani%20NIM.%206662140526%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1204/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Ida Handiani, NIM 6662140526, Skripsi, Strategi Integrated Marketing Communications dalam mempertahankan jumlah iklan di Koran Radar Banten, Pembimbing I : Burhanudin, M.Si dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa, M.Si Radar Banten merupakan salah satu media cetak terbesar di Banten. Dengan jumlah pembaca dan oplah yang cukup banyak membuat Koran Radar Banten menjadi koran terbaik se-Jawa. Tetapi Di Era New media saat ini, eksistensi media cetak sedang terancam keberadaannya. Dimana perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong penggunaan internet di masyarakat. Jumlah oplah dan pengiklan Koran Radar Banten sedang mengalami penurunan tetapi tidak terlalu signifikan. Koran Radar Banten harus bersaing dengan koran lokal lainnya dalam mendapatkan pengiklan. Strategi Integrated Marketing Communications merupakan upaya untuk memberikan distribusi yang optimal dari setiap elemen perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karenanya Koran Radar Banten menerapkan bauran komunikasi pemasaran terpadu sebagai salah satu cara strategi dalam menginformasikan dan mengkomunikasi lalu memasarkan produknya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai Strategi Integrated Marketing Communications Dalam Mempertahankan Jumlah Iklan di Koran Radar Banten serta mengetahui hambatan dan penerapan dalam melakukan strategi Integrated Marketing Communications. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Lalu dalam penelitian ini menggunakan Teori IMC (Integrated Marketing Communications). Hasil penelitian ini adalah elemen komunikasi pemasaran sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu Koran Radar Banten dalam mempertahankan jumlah pengiklan. Seperti, Iklan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan personal. Dengan memberikan After Sale dan promo-promo menarik ketika ada momen-momen tertentu. Strategi komunikasi pemasaran terpadu menunjukan adanya keberhasilan yang memuaskan dikarenakan Koran Radar Banten mampu mempertahankan jumlah pengiklannya. Kata Kunci : Media Cetak Koran, Strategi Integrated Marketing Commuications.