Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation dan Metode Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X MA AL-Khoiriyyah Cikulur)
Main Author: | SAM’UN, MUHAMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12021/1/Pengaruh%20Penggunaan%20Metode%20Group%20Investigation%20dan%20Metode%20Picture%20and%20Picture%20Terhadap%20Kemampuan%20.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12021/ https://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode group investigation dan metode picture and picture terhadap hasil kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Penelitian ini tidak terlepas dari penggunaan metode, teknik, dan instrument penelitian. Metode dan teknik yang digunakan adalah metode eksperimen bersifat kuantitatif, teknik yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan tes kemampuan menulis karangan argumentasi , sedangkan instrument sebagai petunjuk menulis karangan argumentasi. Sementara itu objek penelitian ini adalah hasil menulis karangan siswa yang dinilai berdasarkan aspek kesesuaian judul dengan gambar, kesesuaian ide atau gagasan dengan gambar, investigasi, penulisan ejaan dan tanda baca, penggunaan kalimat, dan kerapihan tulisan. Sumber data penelitian ini adalah 40 siswa, dengan rincian kelas X A sebanyak 20 siswa dan kelas X C sebanyak 20 siswa. Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas eksperimen 66,25 dan kelas kontrol 56,25, dengan perbedaan yang dihasilkan 34,12%, sedangkan uji thitung Ha diterima 4,95. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh dan terdapat perbedaan yang signifikan, berdasarkan hasil observasi perilaku peserta didik, yakni kondisi kelas sudah kondusif di kelas eksperimen sedangkan kurang kondusip di kelas kontrol dikarenakan peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru ketika pelaksanaan perlakuan metode pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan metode group investigation dan metode picture and picture, dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan argumentasi.