FENOMENA BELANJA ONLINE RURAL COMMUNITY PADA GENERASI MUDA DESA KADUBERA KABUPATEN PANDEGLANG

Main Authors: Andari, Dialus, Nurprapti, Nurprapti, Septa, Ronny Yudhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1202/1/SKRIPSI%20-%20DIALUS%20ANDARI%20-%206662142652%20-%20FENOMENA%20BELANJA%20ONLINE%20RURAL%20COMMUNITY%20PADA%20GENERASI%20MUDA%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1202/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Dialus Andari, NIM 6662142652, Skripsi, Fenomena Belanja Online Rural Community Pada Generasi Muda Desa Kadubera Kabupaten Pandeglang, Pembimbing I : Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa Priana., M.Si Dalam era perkembangan teknologi komunikasi, kehadiran internet memberikan dampak terhadap kemunculan belanja online sebagai gaya berbelanja baru setelah sebelum masyarakat lebih akrab dengan transaksi belanja di pasar konvensional. Kini dengan adanya akses jaringan internet yang sudah tersedia hingga ke pelosok daerah, membuat wilayah rural juga dapat mengakses berbagai informasi dan melakukan transaksi belanja online. Salah satunya terjadi pada generasi muda Desa Kadubera sebagai generasi yang aktif mengikuti perkembangan teknologi, sehingga belanja online menjadi salah satu cara berbelanja yang disukai oleh kalangan ini. Namun dalam pelaksanaannya generasi muda Desa kadubera tidak dapat merasakan manfaat dan kemudahan transaksi belanja online secara maksimal karena keadaan infrastruktur jalan menuju Desa Kadubera yang rusak sehingga seringkali menyebabkan keterlambatan, bahkan mereka harus mengambil barang secara langsung kepada kurir jasa pengiriman barang dan mengeluarkan dana yang lebih besar. Dan meskipun hambatan keberhasilan transaksi tersebut terjadi, generasi muda Desa Kadubera tetap berantusias untuk terus melakukan transaksi belanja online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori existence, relatedness dan growth (ERG). Hasil penelitian ini adalah terdapat fenomena belanja online yang berlangsung di Desa Kadubera. Belanja online kini menjadi tren gaya berbelanja dengan perilaku belanja online generasi muda Desa Kadubera yang berlangsung melalui proses keputusan pembelian dan dapat dilihat dengan elemen analisis perilaku konsumen. Meskipun terdapat hambatan dalam keberhasilan transaksi yang diakibatkan oleh keadaan infrastruktur jalan yang buruk, namun transaksi belanja online tetap dilakukan oleh generasi muda Desa Kadubera karena didasari oleh motif rasional dan motif emosional serta didasari oleh ketersediaan hierarki kebutuhan konsumen online. Kata Kunci : Fenomena Belanja Online, Rural Community, Generasi Muda, Desa Kadubera, Perilaku Konsumen, Motif Belanja Online, Teori ERG.