LIBIDINAL PEREMPUAN SEBAGAI PEMICU OBJEKTIFIKASI PEREMPUAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Main Authors: | Dewi, Gabriella Putri Sabrina, Yuliana, Nina, Nurjuman, Husnan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1198/1/SKRIPSI_ILMU%20KOMUNIKASI_GABRIELLA%20PUTRI%20SABRINA%20DEWI_6662141525%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1198/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Gabriella Putri Sabrina Dewi. NIM. 6662141525. Skripsi. Libidinal Perempuan Sebagai Pemicu Objektifikasi Perempuan di Media Sosial Instagram. Pembimbing I: Dr. Nina Yuliana., M.Si dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman., M.Si. Media sosial Instagram dengan segala format dan fitur yang disajikan, secara tidak langsung memengaruhi penggunanya, terutama perempuan, untuk dapat semakin menyadari dan bahkan mengembangkan kecenderungan narsistik serta libidinal yang dimiliki. Dalam hal ini adalah libidinal yang berada pada ranah ego, yaitu hasrat kepada sesuatu yang bersifat imateril seperti pengaguman dari orang lain, citra, harga diri, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fitur-fitur Instagram berperan dalam penyaluran libidinal perempuan, bentuk penyaluran libidinal perempuan di Instagram, serta manifestasi praktik objetifikasi perempuan karena adanya penyaluran libidinal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi dokumen, serta observasi. Peneliti menggunakan konsep media logic serta teori objektifikasi dalam menganalisis fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah dalam menyalurkan hasrat libidinalnya, perempuan cenderung mengandalkan fisiknya untuk menarik perhatian, perempuan juga ingin selalu tampil cantik di Instagram, serta perempuan berusaha untuk membangun imej diri tertentu melalui akun Instagram miliknya. Dengan menampilkan kecantikan dan keindahan fisiknya secara terus-menerus, menyebabkan terjadinya objektifikasi perempuan di Instagram, baik objektifikasi internal maupun eksternal. Objektifikasi internal berupa self objectification yang membuat perempuan terobsesi dengan stigma „cantik‟ yang diberikan masyarakat. Sedangkan objektifikasi eksternal berupa sexual objectification yang dilakukan laki-laki terhadap perempuan di Instagram. Dengan kata lain, perempuan dijadikan „objek tatapan‟ oleh laki-laki di Insagram. Kata kunci: Libidinal, Instagram, media logic, objektifikasi