PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII di Salah Satu SMP Negeri Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016)

Main Author: Nisa, Ratu Khoirotun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/11905/1/PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_REFLEKTIF_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_MATEMATIS_DAN.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/11905/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan pentingnya motivasi belajar pada siswa SMP. Hasil wawancara yang dilakukan di salah satu SMP Negeri di Kota Serang menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis yang masih rendah dan motivasi belajar yang masih dianggap tidak penting. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2015/2016 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Kata-Kata Kunci: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan pentingnya motivasi belajar pada siswa SMP. Hasil wawancara yang dilakukan di salah satu SMP Negeri di Kota Serang menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis yang masih rendah dan motivasi belajar yang masih dianggap tidak penting. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2015/2016 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Kata-Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Reflektif.