ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH KEKE DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS VIII SMP
Main Author: | SILVIANA, ENDAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/11886/1/ANALISIS%20PSIKOLOGI%20TOKOH%20KEKE%20DALAM%20NOVEL%20SURAT%20KECIL%20UNTUK%20TUHAN%20KARYA%20AGNES%20DAVONAR%20DAN%20RENCANA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/11886/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Analisis psikologi tokoh Keke dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas VIII SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya rasa superior untuk melawan rasa rendah diri, salah satu contohnya dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Inferioritas atau rendah diri ini muncul karena adanya suatu perasaan kurang berharga yang timbul karena ketidakmampuan psikologis maupun sosial yang dirasakan secara subjektif, dengan kekurangan-kekurangan yang ada pada diri seseorang. Rasa rendah diri dapat diatasi dengan berjuang ke arah superior atau striving for superiority. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk striving for superiority yang dilakukan tokoh Keke untuk mengatasi perasaan inferioritas dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan usulan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perasaan inferioritas yang dialami tokoh Keke dapat diatasi dengan striving for superiority. Bentuk striving for superiority yang dilakukan tokoh Keke ada dua, yaitu kompensasi dan kompleks superioritas. Kompensasi ditemukan sebanyak 9 data, sedangkan kompleks superioritas ditemukan sebanyak 15 data. Dengan melihat kriteria bahan pembelajaran sastra di SMP, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dapat dijadikan bahan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra di kelas VIII SMP.