PENERAPAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Main Author: AINI, QURROTUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/11882/1/PENERAPAN%20PENDEKATAN%20MODEL%20ELICITING%20ACTIVITIES%20%28MEAS%29%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20MATEMA.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/11882/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satunya adalah Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional; (2) Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 1 Pulomerak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperime kelompok kontrol non-ekuivalen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional; (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Model Elicitng Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Kata Kunci : Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs), Pemahaman Konsep Matematis.