PENERAPAN MODEL STUDENT ACTIVITY LEARNING MELALUI INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Talun 1)
Main Author: | ANIYAH, ANIYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/11857/1/PENERAPAN%20MODEL%20STUDENT%20ACTIVITY%20LEARNING%20MELALUI%20INDEX%20CARD%20MATCH%20%28ICM%29%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20S.PDF https://eprints.untirta.ac.id/11857/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan model pembelajaran aktif melalui Index Card Match (ICM) pada siswa kelas V SD Negeri Talun 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi ekpserimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol yaitu siswa kelas VB yang terdiri dari 21 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yaitu siswa kelas VA yang terdiri dari 21 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif melalui Index Card Match (ICM). Ada pun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes hasil belajar berupa postes serta non tes berupa dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif melalui Index Card Match (ICM) dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari uji-t yaitu lebih besar dari atau 4,58 > 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran aktif melalui Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Aktif Melalui Index Card Match (ICM)