ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DI SMAN 15 KOTA TANGERANG
Main Author: | KHASANAH, NURLAILA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/11816/1/Analisis%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematis%20Siswa%20ditinjau%20dari%20Adversity%20Quotient%20%28AQ%29%20di%20SMAN%2015%20Kota%20Tangerang.pdf https://eprints.untirta.ac.id/11816/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki siswa supaya mampu menemukan solusi penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan matematika. Kemampuan pemecahan masalah melibatkan aspek kognitif dan aspek psikologis. Salah satu aspek psikologis yang berhubungan dalam pembelajaran matematika adalah adversity quotient. Adversity quotient atau AQ merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam menghadapi kesulitannya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Setiap siswa memiliki respon AQ yang berbeda dalam menghadapi masalah, sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa juga memiliki tingkat yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tiangkat AQ siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X Mia 1 SMA Negeri 15 Kota Tangerang tahun ajaran 2015/2016. Data yang digunakan berasal dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis, hasil pengisian angket AQ, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa climbers memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik, siswa campers memiliki kemampuan pemecahan masaalah matematis yang cukup baik, dan siswa quitters memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang baik.