PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu SMP Negeri di Kabupaten Serang)

Main Author: Wulandari, Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/11714/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20INKUIRI%20DENGAN%20TEKNIKANALISIS%20DESKRIPTIF%20MODEL%20BUDAYA%20ORGANISASI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/11714/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penting dan rendahnya kemampuan penalaran matematis serta kemandirian belajar siswa SMP. Salah satu alternatif pembelajaran matematika adalah menggunakan model pembelajaran reflektif. Model pembelajaran reflektif memiliki lima tahapan sebagai langkah pembelajarannya yaitu pengenalan konteks, penyajian pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan penalaran matematis serta kemandirian belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Serang tahun ajaran 2015/2016 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan penalaran matematis serta kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Reflektif.