KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL KOTA CILEGON
Main Authors: | IRMAYATI, IRMAYATI, Supriadi, Oman, Arenawati, Arenawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1171/1/IRMAYATI%20062407%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1171/ http://ap.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- IRMAYATI. NIM. 062407. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Administrasi Negara. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Pembimbing I Drs. H. Oman Supriadi, S.Sos., M.Si. Pembimbing II Arenawati, S.Sos., M. Si. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Publik Fokus penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Dengan rumusan masalahnya, yaitu bagaimana tingkat kualitas pelayanan kesehatan yang diterapkan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon pada bulan Januari sampai bulan April. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Grogol sebagai pengguna layanan dari Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon yaitu sebanyak 7.817 orang. Dengan menggunakan tabel Issac dan Michael dengan taraf tingkat kesalahan 10%, maka sampel yang didapat adalah sebesar 263 responden. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan Sampling Insidental. Teori yang digunakan adalah teori yang diungkapkan oleh Zeithaml, Berry & Parasuraman mengenai kualitas pelayanan terdiri dari 10 indikator, yaitu Tangibles (fasilitas fisik), Reliability (keandalan), Responsiveness (ketanggapan), Competence (kemampuan), Courtesy (keramahan), Credibility (dapat dipercaya), Security (keamanan), Access (akses), Communication (komunikasi), Understanding the customer (memahami pelanggan). Dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara menyebarkan angket. Untuk mengalisis data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel untuk uji pihak kanan. Hasil perhitungannya diperoleh t hitung lebih besar dari pada t-tabel (5,02 > 1,645) dan didukung dari hasil yang dicapai hanya 66% dari nilai yang dihipotesiskan yaitu sebesar 65%. Ini berarti bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon cukup optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon, maka peneliti menarik kesimpulan yakni nilai kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon cukup baik. Sehingga peneliti memberikan saran agar lebih memaksimalkan unsure pelayanan yang masih dinilai kurang oleh masyarakat, agar pelayanan publik dapat menjadu maksimal dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat.