IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN KISAH SUKSES PELAKU EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X-2 IPS MAN TANGERANG KOTA TANGERANG
Main Author: | MUHASANAH, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/11697/1/Implementasi%20pembelajaran%201_compressed.pdf https://eprints.untirta.ac.id/11697/2/Implementasi%20pembelajaran%202_compressed.pdf https://eprints.untirta.ac.id/11697/ |
Daftar Isi:
- Basis disiplin ilmu Ekonomi terletak pada fenomena yang bersifat dinamis dan berupa data faktual yang ditemui sehari-hari yang telah diobservasi di dunia nyata. Selama ini siswa kesulitan mempelajari materi Ekonomi karena dianggap banyak menghitung dan menghafal serta guru yang kurang mengembangkan metode pembelajaran dan kurang inovasi sehingga minat belajar siswa pun rendah. Untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar dan memahami materi Ekonomi maka diterapkanpembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan kisah sukses pelaku Ekonomi. Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar Ekonomi siswa melalui pemanfaatan kisah sukses pelaku Ekonomi dan minat belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 IPS MAN Tangerang Kota Tangerang dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitan ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan nilai hasil belajar Ekonomi memenuhi ketercapaian nilai KKM 75 dan ketuntasan belajar siswa minimal 75%, dengan perolehan nilai rata-rata klasikal pada pra-observasi sebelum dilakukan tindakan (pra-observasi/siklus I) yaitu 73.05, meningkat pada siklus I (siklus 2) yaitu 80.7, dan siklus II (siklus 3) yaitu 87.2. Terjadi pertambahan peningkatan minat belajar 67.5% dan ketuntasan belajar sebesar 37.5% dari sebelum dilakukan tindakan yang hanya sebesar 5% dan 62.5%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui implemantasi pembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan kisah sukses pelaku Ekonomi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Ekonomi pada siswa X-2 IPS MAN Tangerang Kota Tangerang. Saran dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan kisah sukses pelaku Ekonomi dapat diterapkan pada materi pelajaran Ekonomi lainnya karena konsep ini dapat mendorong siswa untuk menghubungkan antara penegtahuan yang dimiliki dan penerapannya dalam konteks kehidupan sehari-hari.