PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | TJANTORO, RADHI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/11677/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20AIR.pdf https://eprints.untirta.ac.id/11677/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan Pemecahan masalah matematis adalah model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, apakah kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; kedua, apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol group non ekuivalen, populasi terukurnya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Penarikan sampel dengan teknik cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan bentuk soal uraian. Data nilai hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, uji perbedaan dua rerata. Hasil penelitian menunjukan: pertama, kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; kedua, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Auditory, Intellectually, Repetition