IMPLEMENTASI DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI TINGKAT SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BALARAJA TAHUN 2009
Main Authors: | Apriningtyas, Dewi, Nugroho, Kandung Sapto, Rahmawati, Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1162/1/skripsi%20full%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1162/ http://ap.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Dewi Apriningtyas. NIM 062376. Skripsi. Implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tingkat Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Balaraja tahun 2009. Kata kunci : Implementasi dana BOS Fokus penelitian ini adalah Implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Tingkat Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Balaraja tahun 2009. Program BOS merupakan wujud kepedulian pemerintah yang menyediakan bantuan bagi sekolah untuk meringankan beban siswa, terutama untuk siswa yang kurang mampu agar dapat menempuh pendidikan wajib belajar sembilan tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi dana bantuan operasioanal sekolah (BOS) di tingkat sekolah dasar se-kecamatan balaraja tahun 2009. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 Sekolah Dasar, yang terdiri dari kepala sekolah, bendahara, komite, dan perwakilan satu orang tua siswa dari tiap sekolah. Sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 116 dikurangi 7 kepala sekolah yang merangkap. Dengan demikian sampel pada penelitian ini berjumlah 109 responden. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan sampling jenuh. Teori yang digunakan adalah teori yang diungkapkan Grindle mengenai implementasi kebijakan yang terdiri dari dua dimensi yaitu content of policy (isi kebijakan) dan context of policy (konteks kebijakan). Dalam mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Untuk menganalisa data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel uji pihak kiri. Hasil perhitungannya diperoleh t-hitung lebih basar dari t-tabel (25,525 > 1,659) dan didukung dari hasil yang dicapai 78,9 % dari nilai yang di hipotesiskan 65 %. Ini berarti bahwa implementasi dana bantuan operasioanl sekolah (BOS) di tingkat sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Balaraja sudah berjalan dengan baik. Karena para pelaksana program BOS di sekolah dasar memiliki kesatuan informasi yang tinggi, sehingga satu sama lain saling mendukung dalam melaksanakan program BOS di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari dua dimensi yaitu dimensi isi kebijakan (content of policy), dan dimensi konteks kebijakan (context of policy). Dimana masing masing dimensi memiliki tingkat keberhasilan sebesar 83,9% untuk dimensi isi kebijakan, dan 66,2% untuk dimensi konteks kebijakan. Dengan demikian dari pelaksanaan program BOS yang sudah baik, maka para pelaksana program BOS harus mempertahankan kesatuan informasi yang sudah terjalin dengan baik.