STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING (CRM) PADA DISTRIBUTOR DUTA PARFUM CENTER DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN
Main Authors: | Munandar, Risma, Afrilla, Naniek, Septa, Ronny Yudhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1139/1/STRATEGI%20CUSTOMER%20RETENTION%20MARKETING%20%28CRM%29%20PADA%20DISTRIBUTOR%20DUTA%20PARFUM%20CENTER%20DALAM%20MEMPERTAHAN%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1139/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Risma Munandar. NIM. 6662121929. Skripsi. Strategi Customer Retention Marketing (CRM) Distributor Duta Parfum Center Dalam Mempertahankan Pelanggan. Pembimbing 1: Dr. Naniek Afrilla Framanik, M.Si dan Pembimbing 2: Ronny Yudhi Septa, M.Si Keberhasilan perusahaan dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan sangat tergantung pada kemampuan memuaskan pelanggan sehingga dapat dengan mudah mempertahankan pelanggannya. Distributor duta parfum center merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia perlengkapan parfum refill. Berkaitan dalam menghadapi persaingan bisnis parfum refill berbasis penyedia perlengkapan parfum refill, distributor duta parfum center perlu melaksanakan Strategi Customer Retention Marketing (CRM) untuk mempertahankan pelanggannya. Konseptual pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi sebagai bagian dari komunikasi pemasaran, Customer Retention Marketing yang meliputi proses (CRM) dan mempertahankan pelanggan. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep I-D-I-C yang dikemukakan oleh Don Peppers dan Martha Rogers dalam bukunnya “One to One Marketing”. Metode yang digunakan peneliti adalah metode studi kasus dan sifat penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak berstruktur. Penulis menyajikan gambaran mupun uraian mengenai pelaksanaan strategi Customer Retention Marketing (CRM) sebagaimana adanya yang didapatkan dari lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini Strategi Customer Retention Marketing (CRM) pada distributor duta parfum center terdiri identifikasi, diferensiasi, interaksi dan layanan servis. Identifikasi pelanggan yang dilakukan oleh distributor duta parfum center hanya sebatas mencatat nama pelanggan dan nomber telepon pelanggan. Diferensiasi pelanggan lebih difokuskan kepada pelanggan yang memiliki loyalitas terhadap distributor duta parfum center dilihat dari faktur transaksi pembelanjaan. Interaksi pelanggan yang dilakukan distributor duta parfum center cukup efektif dengan memaksimalkan alat media komunikasi melalui telepon seluler. Layanan servis yang dilakukan distributor duta parfum center dengan memaksimalkan dan mengikuti setiap permintaan pelanggan karena dapat memberikan dampak positif terhadap para pelanggannya. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Customer Retention Marketing (CRM), Pelanggan, Distributor Duta Parfum Center.