PERAN HUMAS DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA TANGERANG DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA SITU CIPONDOH DI ERA NEW MEDIA (Studi Kasus Pengelolaan Website, Instagram dan Tangerang TV)
Main Authors: | RACHMAN, RIEZKY SIAM, Rahmawati, Rahmawati, Nesia, Andin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1137/1/Skripsi%20RIEZKY%20SIAM%20RACHMAN%20%286662111490%29%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1137/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Riezky Siam Rachman. NIM. 6662111490. 2018. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Skripsi. Peran Humas Disbudpar Kota Tangerang Dalam Mempromosikan Wisata Situ Cipondoh di Era New Media (Studi Kasus Pengelolaan Website, Instagram dan Tangerang TV). Pembimbing I: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II: Andin Nesia, S.IK, M.I.Kom Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang dalam menjalankan promosi, pemanfaatan new media dan new media yang efektif dalam promosi objek wisata Situ Cipondoh. Teori menggunakan teori peran humas menurut Ruslan, meliputi peran sebagai komunikator, menjalin kerjasama, pendukung manajemen dan membentuk citra objek wisata Situ Cipondoh. Metode penelitian menggunakan kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan membercheck. Hasil penelitian diketahui peran sebagai komunikator dengan cara menpenyebarkan berita atau informasi dan menyiapkan data atau informasi publisitas, peran dalam membina kerjasama untuk menguatkan peran atau tugas dari pihak yang terlibat, dan rencana memperluas kerjasama terkait promosi, peran sebagai pendukung manajemen dapat mengelompokkan permasalahan pengelolaan dan promosi dan menyerap keinginan wisatawan, peran membentuk citra objek wisata dengan cara bekerja sama dengan Tangerang TV dan situs website dan Instagram dalam membentuk citra sebagai objek wisata unggulan di Kota Tangerang, pemanfaatan new media untuk promosi saat ini dengan website dan Instagram serta kerjasama dengan Tangerang TV sebagai alat promosi, New media yang paling efektif dalam promosi objek wisata adalah Instagram. Saran penelitian adalah menjalin kerjasama dengan pengelola hotel dan biro perjalanan wisata dan memperbaharui dokumentasi foto terkait publisitas di instagram dan promosi di Tangerang TV. Kata Kunci : Peran Humas, Wisata Situ Cipondoh, New Media, Disbudpar Kota Tangerang.