KONSTRUKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DALAM IKLAN PT MASPION GROUP VERSI IRMAN GUSMAN

Main Authors: ATMAJA, MOCHAMAD ADAM, Gumelar, Rangga G., Septa, Ronny Yudhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1130/1/KONSTRUKSI%20SOSIAL%20ETNIS%20TIONGHOA%20DALAM%20IKLAN%20PT%20MASPION%20GROUP%20VERSI%20IRMAN%20GUSMAN%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1130/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Mochamad Adam Atmaja, NIM. 6662132227. Skripsi. Konstruksi Sosial Etnis Tionghoa dalam Iklan PT Maspion Group Versi Irman Gusman. Pembimbing I: Dr. Ing. Rangga Galura G,M.Si. Pembimbing II: Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom, M.Si. Iklan PT Maspion Group versi Irman Gusman menayangkan iklan yang menampilkan etnis tinghoa, etnis pribumi, dan pejabat pemerintah didalamnya, kemudian makna pesan apa yang sesungguhnya terdapat dalam iklan tersebut dan bagaimana bila dilihat dari realitas sosial di masyarakat. Oleh karena itu , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan yang dikonstruksi didalam iklan PT Maspion Group dalam lima kode semiotika Roland Barthes, kode heurmeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proairetik, dan kode gnomik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis lima kode semiotika Roland Barthes serta teori Realitas dan konstruksi sosial Peter L. Berger dengan pendekatan kualitatif dalam paradigma konstruktivis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam: (1) Kode Heurmeneutik, keakraban yang ditunjukan oleh tokoh etnis tionghoa, pejabat pemerintah dan etnis pribumi didalamnya adalah bentuk kondisi yang harmonis antara etnis dan pemerintahan. (2) Kode Semik, batik yang dipakai tokoh etnis tionghoa, aksentuasi tionghoa, dan pejabat pemerintah sebagai legalitas dalam menyatakan etnis tionghoa bagaian dari Indonesia yang perlu dicintai. (3) Kode Simbolik, kemeja batik, panci merah, dan jam tangan emas yang menandakan kemakmuran dan kesejahteraaan yang ada di Indonesia. (4) Kode Proairetik, senyuman yang ditampilkan oleh tiap tokoh dalam iklan PT Maspion Group yang mengacu pada hubungan yang baik antar etnis dan pemerintah dan gerakan mengangkat panci merah yang mengacu pada tindakan mengangkat keinginan kondisi yang makmur dan sejahtera (5) Kode Gnomik. kemeja motif batik yang dikenakan oleh tokoh tionghoa merupakan representasi dari konstruksi iklan yang berupaya menyampaikan pesan bahwa etnis tionghoa adalah bagian dari bangsa Indonesia. Kata Kunci: Iklan Televisi, PT Maspion Group, Etnis Tionghoa, Realitas dan Konstruksi Sosial, Semiotika Roland Barthes.