UJI COBA MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS X SMA AL-MUBAROK KOTA SERANG

Main Author: RAHAYU, DESY PUJI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/11266/1/UJI%20COBA%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20TERBALIK%20%28RECIPROCAL%20TEACHING%29%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MENULIS%20KARANGAN%20NA.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/11266/
https://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran karangan narasi dan penggunaan model yang kurang tepat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) terhadap hasil menulis karangan narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sumber dapa pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Mubarok tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, penggunaan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan berpengaruh terhadap hasil menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Al Mubarok Kota Serang Tahun Pelajaran 2015/2016. Kemudian dilakukan uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat sebesar 2,029 dan sebesar 2,0104. Dengan demikian, lebih besar dari (2,029 > 2,0104) maka diterima dan ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan model example non example terhadap hasil menulis karangan narasi SMA Al Mubarok Kota Serang.