STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KOTA CILEGON DALAM REFORMULASI CITRA (Studi Kasus Pasca Tertangkapnya Wali Kota Cilegon oleh KPK Sebagai Tersangka Kasus Suap)

Main Authors: Damayanti, Indri, Mukhroman, Iman, Muldi, Ail
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1126/1/STRATEGI%20HUMAS%20PEMERINTAH%20KOTA%20CILEGON%20DALAM%20REFORMULASI%20CITRA%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1126/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Indri Damayanti. NIM. 6662130453. Strategi Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam Reformulasi Citra. Pembimbing I: Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si dan Pembimbing II: Ail Muldi, S.Sos,.M.I., Kom Penelitian ini dilatarbelakangi dari kasus suap ijin analisa dampak lingkungan (AMDAL) proyek Transmart yang melibatkan oleh Wali Kota Cilegon yang menyebabkan munculnya pemberitaan negatif dan opini negatif publik terhadap Pemerintah Kota Cilegon. Tetapi walaupun diterpa dengan berita yang sangat mengejutkan ini, Pemerintah Kota Cilegon tetap menjalankan aktifitas dan kegiatan pelayanan publik seperti tak terpengaruh dengan berita tersebut bahkan hingga saat ini pun Pemerintah Kota Cilegon masih terus berjalan dan berkembang baik melalui program-program kerja pro rakyatnya. Tentunya Pemerintah Kota Cilegon bisa tetap berdiri dan berkembang walaupun diterpa berita negative ini tak luput dari strategi humas yang dilakukan oleh pihak Humas Pemerintah Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam reformulasi citra dan untuk mengetahui peran Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam reformulasi citra pasca tertangkapnya Walikota Cilegon oleh KPK. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Konsep manajemen strategi Fred R. David dan Teori Impression Management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam reformulasi citra berupa menggelat konferensi pers, menerbitkan press release, menjalin relasi yang kuat dengan media, dan juga fokus pada program prioritas dan pelayanan masyarakat. Strategi yang dipakai Humas Pemerintah Kota Cilegon merupakan strategi yang relevan dengan teori impression manajemen, teori ini menyebutkan bahwa setiap individu maupun organisasi dalam proses interaksi sosialnya tidak dapat lepas dari upaya membangun hubungan, mengidentifikasi lawan bicara, dan membangun citra. Kata Kunci : Strategi Humas, Pemerintah Kota Cilegon, Reformulasi Citra