PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P (PRODUK, PRICE, PLACE dan PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE (Survei Pada Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab di Kota Tangerang)

Main Authors: SAPUTRA, DENI, Winangsih, Rahmi, Septa, Ronny Yudhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1118/1/PENGARUH%20BAURAN%20PEMASARAN%204P%20%28PRODUK%2C%20PRICE%2C%20PLACE%20dan%20PROMOTION%29%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20PELANGGAN%20%20D%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1118/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Deni Saputra. NIM 6662121217. “Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Aplikasi Transportasi Online”. Pembimbing 1 : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si. dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa Priana, M.Si Strategi pemasaran digunakan perusahaan untuk mempertahankan konsumennya aplikasi Gojek dan aplikasi Grab menggunakan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, people, promotion) untuk mempertahankan konsumen dalam menggunakan aplikasi transportasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi transportasi online. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran (product, price, people, promotion) untuk mengkaji permasalahan yang diangkat. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan teknik survey pada konsumen aplikasi Gojek dan aplikasi Grab di Tangerang dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang diperoleh dari perhitungan Yamane presisi sampling eror 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Gojek sebesar 61% dengan nilai r hitung yaitu 0,718. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Grab sebesar 54% dengan nilai r hitung yaitu 0,735. Korelasi antara variabel X dan Y dalam penelitian ini berada pada kategori kuat. Data penelitian menunjukkan bahwa product,price, promotion memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Gojek dan aplikasi Grab. Sedangkan place tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Gojek dan aplikasi Grab. Kata kunci : Bauran Pemasaran 4P, Keputusan Konsumen.