PENGARUH AKUN INSTAGRAM @EXPLOREBANTEN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (TRAVELING) KE TEMPAT WISATA DI BANTEN (SURVEY PADA FOLLOWERS @EXPLOREBANTEN)

Main Author: AMARTIN, LITTA AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1106/1/LITTA%20AYU%20AMARTIN%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1106/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Litta Ayu Amartin. NIM 6662121373. Skripsi. Pengaruh Akun Instagram @explorebanten Terhadap Minat Berkunjung (Traveling) Ketempat Wisata Di Banten (Survey Pada Followers @explorebanten). Pembimbing I : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II : Andin Nesia, M.I.Kom Gaya hidup masyarakat yang bergerak cepat dan bersentuhan langsung dengan internet, menyebabkan model promosi sangat relevan diaplikasikan baik destinasi wisata maupun pengelola akomodasi pariwisata untuk melakukan pencitraan yang baik, belakangan ini banyak menghiasi timeline instagram dari sekian banyak akun instagram yang mempromosikan pariwisata indonesia, khususnya daerah Banten yaitu akun instagram @explorebanten. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh akun Instagram @explorebanten terhadap minat berkunjung ke tempat wisata di Banten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh akun instagram @explorebanten mempromosikan objek atau tempat wisata terhadap minat berkunjung wisatawan ke tempat wisata di Banten. Teori Perbedaan Individu digunakan karena efek media massa pada khalayak itu tidak seragam, melainkan beragam disebabkan secara individual berbeda satu sama lain dalam stuktur kejiwaannya. Penelitian ini menggunakan metodologi dan pendekatan kuantitatif. Metode yang diusung dalam penelitian ini adalah metode survei. Tujuan survei dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pengaruh akun media social Instagram @explorebanten terhadap minat wisatawa berkunjung (traveling) ke tempat wisata di Banten. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun @explorebanten yang diketahui berjumlah 34.600. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari keseluruhan jumlah followers di akun @explorebanten menggunakan teknik random sampling. Karena penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, maka teknik yang dilakukan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini melalui instrument penelitian kuisioner. Presentase variabel X (akun Instagram @explorebanten) sebesar 76,5% dan dikategorikan baik. Presentase variabel Y (minat berkunjung ketempat wisata di Banten) sebesar 76,64% dan dikategorikan baik. nilai korelasi Product Moment antar variable X (akun Instagram @explorebanten) terhadap Y (minat berkunjung ke tempat wisata di Banten) menunjukan angka sebesar 0,493. Sebesar 0,493 nilai korelasi hubungan antara variable akun @explorebanten terhadap variable minat berkunjung (traveling) ke tembat wisata di Banten, hubungan antara kedua variable bernilai sedang. Koefisien penentu (determinasi) menunjukkan bahwa pada nilai R square yaitu 0,243 berarti korelasi antara variable X terhadap variable Y adalah sebesar 24,3% dan sisanya ditentukan oleh factor lain. Persamaan regresi linear penelitian ini Y = 10,59 + 0,27 Y. Uji t menunjukkan variable independen mempunyai spesifikasi kurang dari 0,05, nilai thitung (5,609) > ttabel (1,6605). Uji F pada variable X terhadap variable Y sebesar 31,435. Kata kunci : Instagram, @explorebanten, Minat Berkunjung, Teori Perbedaan Individu.