Strategi Corporate Social Resposibility (CSR) PT. Krakatau Posco dalam Membangun Community Relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon
Main Authors: | NAJIBULLAH, NAJIBULLAH, Winangsih, Rahmi, Sagita, Darwis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1083/1/Strategi%20Corporate%20Social%20Resposibility%20%28CSR%29%20PT.%20Krakatau%20Posco%20dalam%20Membangun%20Community%20Relati%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1083/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Najibullah. 103003. Strategi Corporate Social Resposibility (CSR) PT. Krakatau Posco dalam Membangun Community Relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Perusahaan harus mampu menjaga hubungan dengan komunitas di sekitar perusahaan karena mereka mempengaruhi kelangsungan produksi perusahaan. Salah satu strategi perusahaan dalam membina hubungan dengan komunitas (community relations) adalah dengan mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility (CSR). PT. Krakatau Posco walaupun telah aktif menjalankan program CSR namun dalam kenyataannya masih mendapatkan unjuk rasa dari masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini membahas tentang strategi CSR PT. Krakatau Posco dalam membangun community relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan informan sebanyak 5 orang terdiri dari 2 orang pihak internal perusahaan sebagai key informan dan 3 orang pihak eksternal perusahaan sebagai informan penunjang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori strategi manajemen oleh Scott M. Cutlip dan Allen H. Center. Hasil penelitian menyatakan bahwa tahapan yang dilakukan pada proses: 1. Fact finding: terdiri dari proses CSR Request, Screening Request, Mapping and Survey 2. Planning: terdiri dari proses Proposal Arrangement, Proposal Approval, dan CSR Preparation 3. Communicating: CSR Implementation, dan 4. Evaluating: Report and Evaluation. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi CSR dapat menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat lokal. Terbukti dengan adanya perubahan sikap perhatian masyarakat pada setiap kegiatan CSR. Kata kunci: CSR, hubungan komunitas, strategi.