PENERIMAAN KHALAYAK TENTANG BIAS GENDER PEREMPUAN BER-TRAVELING PADA TAYANGAN PARA PETUALANG CANTIK DI TRANS7
Main Authors: | Untari, Pernita Hestin, Panji, Yearry, Praceka, Puspita Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1075/1/PENERIMAAN%20KHALAYAK%20TENTANG%20BIAS%20GENDER%20PEREMPUAN%20BER-TRAVELING%20PADA%20TAYANGAN%20PARA%20PETUALANG%20CANT%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1075/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Pernita Hestin Untari. NIM. 6662132588. Skripsi. Penerimaan Khalayak tentang Bias Gender Perempuan Ber-Traveling pada Tayangan Para Petualang Cantik di Trans7. Pembimbing I: Yearry Panji Setianto, Ph.D dan Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, M.I.Kom Tayangan Para Petualang Cantik merupakan tayangan yang menampilkan konsep perempuan juga bisa berbeda dengan konsep tayangan perjalanan pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan penonton terhadap bias gender perempuan ber-traveling dalam tayangan Para Petualang Cantik. Menggunakan metode analisis penerimaan, penelitian deskripitif kualitatif ini dapat memberikan gambaran yang beragam mengenai bagaimana para informan menerima bias gender perempuan ber-traveling pada tayangan Para Petualang Cantik di Trans7 terkait latar belakang masing-masing. Peneliti menemukan penerimaan yang berbeda-beda dari tiap informan mengenai aspek-aspek konsep perempuan ber-traveling dalam tayangan Para Petualang Cantik. Adapun beberapa hasil yang telah diamati oleh peneliti, terdapat sikap sportif atau mendukung isi pesan, melihat penampilan, dan membandingkan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan, pengetahuan, gender dan pengalaman. Kemudian, ekspetasi mengenai perempuan ber-traveling, terdapat ekspetasi yang sesuai, sesuai namun terbatas, dan tidak mendukung terhadap perempuan bertraveling dipengaruhi oleh latar belakang gender, lingkungan, dan pengalaman Kemudian, posisi penonton yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu dominan dimana penoton yang mendukung tayangan, kemudian mendukung namun ada batasan-batasan yaitu Negosiasi, dan yang terakhir adalah oposisi dimana penonton tidak sportif dan membanding-bandingkan tayangan. Kata Kunci: Penerimaan Khalayak, Bias Gender Perempuan