ANALISA LAJU KOROSI BAJA AISI 1045 VARIASI ALUMINIUM ALLOY PADA MEDIA AIR LAUT DENGAN METODE IMPRESSED CURRENT
Main Author: | NURHAMIN, AAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/10722/1/ANALISA%20LAJU%20KOROSI%20BAJA%20AISI%201045.PDF https://eprints.untirta.ac.id/10722/ |
Daftar Isi:
- Wilayah Indonesia sebagian besar adalah lautan, kapal laut salah satu transportasi yang banyak digunakan. Korosi pada lambung kapal sangat tinggi sehingga perlu ada pengendalian korosi seperti pemilihan bahan, pelapisan serta Cathodic Protection. Cathodic Protection dengan sistem Impressed Current, dimana material anoda korban diberi arus positif dan katoda diberi arus negative. Rectifier menggunakan Charger hp dengan output DC 5volt 800mA, dengan katoda baja AISI 1045 dan anoda Aluminium Alloy (AA) dengan tiga variasi, dimana air laut 3 liter disirkulasikan dan dipertahankan dipenampung kecil 400 ml sesuai dengan standartd ASTM G71-81 yaitu 40 cm baja yang tercelup. Pengujian dilakukan selama 12 jam dimana setiap 3 jam dihentikan untuk dilakukan pembersihan, pengeringan dan penimbangan anoda dan katoda, serta air laut diganti dengan yang baru. Dari hasil experiment didapat bahwa laju korosi terendah adalah pada baja 3 dengan anoda korban AA 6061 yaitu (0,00064 mm/tahun) dan laju korosi tertinggi pada baja 1 dengan anoda korban AA 5083 yaitu (0,00169 mm/tahun) dan baja tanpa proteksi dengan laju korosi sebesar (0,0046 mm/tahun).