EFEKTIVITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. DRADJAT PRAWIRANEGARA

Main Authors: WIDANINGRUM, KANTINA, Nugroho, Kandung Sapto, Stiawati, Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1059/1/EFEKTIVITAS%20PELAYANAN%20PASIEN%20RAWAT%20JALAN%20PENGGUNA%20KARTU%20JAMINAN%20KESEHATAN%20NASIONAL%20DI%20RUMAH%20SAKIT%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1059/
http://ap.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • KANTINA WIDANINGRUM, 6661 112539. Skripsi 2018. Efektivitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Kandung Sapto Nugroho, M.Si., Pembimbing II Titi Stiawati, M.Si. Fokus penelitian ini untuk melihat sejauhmana Efektivitas pelayanan di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara. Masalah dalam penelitian ini : 1). Waktu pelayanan yang kurang baik, 2). Kurangnya sarana prasarana ruang tunggu pasien, kurangnya fasilitas tempat menunggu nomor antrian 3). Pengunjung rumah sakit/Pasien yang merasa kurang adanya keramahan dan respon aktif dari petugas pelayanan; 4). Lahan parkir yang kurang memadai. Metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Teori yang digunakan dari Gibson dalam Makmur (2008:125): 1) Produktivitas; 2) Efisiensi; 3) Fleksibilitas; 4) Keunggulan; 5) Pengembangan; 6) Kepuasan. Nilai t hitung lebih kecil dari t tabel atau jatuh pada daerah penerimaan Ho (-25.65 < 1.660), maka Hipotesis Nol (H0) diterima dan Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak. Hasil penelitian yaitu: Efektivitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara mencapai 44,16% dari hipotesis awal (H0) < 65%. Saran yaitu Melakukan evaluasi berkala terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara, Melaksanakan pengawasan yang ketat terhadap seluruh pegawai baik itu pegawai administrasi maupun tim medis, Meningkatkan sosialisasi kepada pasien Jaminan Kesehatan Nasional terkait prosedur pelayanan yang dilakukan, Meningkatkan kualitas pegawai dengan sering mengadakan bimbingan teknis terkait pelayanan, Memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik